Ingin berinvestasi Emas? Simak Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Cara membedakan emas asli dan palsu dalam investasi. Memang investasi menjadi hal penting yang harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Sehingga Anda mempunyai bekal keuangan yang cukup dalam waktu jangka panjang.

Apalagi bagi Anda yang menginginkan financial freedom. Apa yang dimaksud dengan financial freedom?

Ya, financial freedom merupakan keadaan dimana Anda bebas secara finansial tanpa harus aktif bekerja. Jadi kekayaan yang sudah Anda miliki dapat mencukupi kebutuhan dasar seperti misalnya membeli makan maupun pakaian.

Seseorang yang bebas secara finansial ini tentunya memiliki aset yang bernilai besar. Namun, sebelum berinvestasi pastikan Anda memilih jenis investasi yang sesuai dengan kemampuan finansial.

Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu dimana emas menjadi produk investasi yang hangat diperbincangkan. Terlebih harga emas yang terbilang cukup agresif sehingga tidak sedikit orang yang menjadikannya sebagai pilihan investasi.

Meski terbilang menjanjikan, Anda harus tahu cara membedakan emas asli dan palsu.

Tidak hanya cara membedakan emas asli dan palsu saja yang perlu diperhatikan tetapi juga cara berinvestasi jenis lainnya. Agar Anda tidak mudah masuk dalam investasi bodong yang masih saja sering dijumpai.

Usahakanlah untuk berinvestasi dari sumber yang terpercaya serta mendapatkan pengawasan dari lembaga resmi seperti OJK.

Investasi Jangka Pendek atau Jangka Panjang

Sebelum memilih jenis investasi, sebaiknya Anda menentukan terlebih dahulu tujuan dari investasi tersebut. Apakah tujuan Anda berinvestasi untuk mengalokasikan dana khusus seperti pendidikan atau dana pensiun? Atau sekedar untuk mendapatkan penghasilan pasif setiap waktu?

Anda dapat memilih antara dua jenis investasi yaitu jangka panjang atau jangka pendek. Investasi jangka panjang membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk mendapatkan keuntungan yang konsisten.

Sedangkan investasi jangka pendek membutuhkan waktu kurang dari satu tahun dan cocok digunakan untuk memenuhi urgency tinggi.

Tak jarang orang memilih untuk berinvestasi jangka panjang. Adapun bentuk investasi jangka panjang diantaranya pasar modal, emas berupa logam mulia dan properti. Dari ketiga jenis instrumen tersebut, emas menjadi salah satu investasi yang terbilang mudah.

Investasi emas cocok dipilih untuk Anda yang tidak ingin berinvestasi dengan resiko tinggi contohnya saham. Anda dapat memilih emas dalam bentuk batangan, koin emas atau perhiasan.

Terlebih emas mempunyai kelebihan dalam nilai jual yang stabil karena tahan jika terjadi inflasi. Meski terbilang mudah, Anda harus mengetahui cara membedakan emas asli dan palsu.

Membedakan Emas Asli atau Palsu

Emas merupakan salah satu instrumen investasi jangka panjang yang menarik. Bagi pemula yang mencoba berinvestasi emas perlu memperhatikan cara membedakan emas asli dan palsu yang mudah. Jika Anda membeli logam mulia atau emas batangan perhatikan pada bagian fisiknya. Biasanya pada emas batangan akan tertera satuan karat dalam bentuk angka misalnya 20K.

Cara lain untuk mengetahui keaslian emas juga bisa Anda lakukan dengan mendekatkan emas ke magnet. Emas yang asli tidak akan menempel jika didekatkan ke magnet. Namun apabila emas tersebut menempel maka Anda patut waspada.

Selain itu, Anda juga bisa memeriksa sertifikat emas yang dibeli dengan meletakkannya di bawah sinar UV. Sertifikat asli akan menunjukkan garis minor warna-warni seperti yang terdapat pada uang kertas asli. Terdapat juga blok dengan warna hijau pada detail deskripsi sertifikat. Umumnya pada sertifikat asli juga mencantumkan logo watermark perusahaan pencetak sertifikat asli.

Jadi, siapkah Anda mulai investasi emas? Usahakan memilih investasi yang memang sesuai dengan kemampuan finansial dan tujuan dari investasi itu sendiri. Yang terpenting pastikan Anda mengetahui cara membedakan emas asli dan palsu sebelum berinvestasi emas.

superadmin

superadmin

Situs Sapahanoi membahas segala jenis investasi yang beredar di Bumi Indonesia.